-->

Macam - macam Transmisi Elemen Mesin

Transmisi
Transmisi adalah suatu alat untuk meneruskan tenaga dari poros satu ke poros yang lain dan dibantu dengan alat yang sesuai kebutuhan , misal alat itu rantai, sabuk, gear dll.
Alasan Diperlukannya Sistem Transmisi
  1. Diperlukan kecepatan mesin yang tidak sama dengan kecepatan penggerak mula (biasanya lebih rendah).
  1. Kecepatan mesin yang seringkali berubah (diatur), dimana penggerak mula tidak dapat memenuhi kebutuhan tersebut.
  1. Pada periode tertentu mesin memerlukan torsi yang jauh lebih besar dari yang diperoleh dari poros motor.
  1. Kadang-kadang satu motor digunakan untuk menggerakkan beberapa peralatan/mesin dengan kecepatan yang berbeda.
  1. Motor standar umumnya dirancang dengan gerak putar, sedangkan mesin kadang-kadang bergerak lurus.
  2. Karena pertimbangan keamanan, kemudahan perawatan atau dimensi mesin yang tidak diperbolehkan dihubungkan langsung dengan poros penggerak mula.
Macam – Macam Transmisi
Secara umum transmisi di bedakan menjadi 2 yaitu : transmisi langsung dan transmisi tak langsung
1.      Transmisi Langsung
Sistem ini sering disebut  dengan transmisi roda gigi, karena cara kerjanya kontak secara langsung antara elemen poros penggerak dengan yang digerakan.  Roda gigi digunakan untuk mentransmisikan daya besar dan putaran yang tepat serta jarak yang relatif pendek. Roda gigi dapat berbentuk silinder atau kerucut.
Seperti yang terlihat pada Gambar 2.1 Macam – macam roda gigi.
Gambar 2.1 Macam – macam roda gigi

Adapun kelebihan dan kelemahan pada transmisi ini di antaranya:
a.       Kelebihan
Ø  tidak terjadi slip
Ø  dapat memindahkan daya yang besar
Ø  dapat digunakan untuk putaran tinggi dan tepat
Ø  ringkas tidak memerlukan tempat yang luas
Ø  dapat memindahkan daya dengan putaran stabil
b.      Kelemahan
Ø   Perlu ketelitian tinggi dalam perencanaannya, sampai perawatannya.
Ø  Biaya pembuatan yang cukup mahal.

2.      Transmisi Tak Langsung
Pada transmisi ini tidak terjadi kontak elemen poros dengan poros yang digerakkan melainkan melalui elemen suatu transmisi yang menghubungkan kedua poros.
Penggunaan transmisi tak langsung dapat dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu :
a.       Kelompok yang pertama : Sabuk dengan gigi yang digerakkan dengan sproket  pada jarak pusat sampai mencapai 2 (m), dan meneruskan putaran secara tepat dengan perbandingan antara 1/1 sampai 6/1.
b.      Kelompok yang kedua : Sabuk rata dipasang pada puli silinder dan meneruskan momen antara  dua poros yang jaraknya dapat sampai 10 (m) dengan perbandingan putaran antara 1/1 sampai 6/1. 
c.       Kelompok yang ketiga : Sabuk dengan penampang trapesium dipasang pada puli dengan alur dan meneruskan momen antara dua poros yang jaraknya dapat sampai 5 (m) dengan perbandingan putaran antara 1/1 sampai 7/1 .


 

Artikel Terkait